Thursday, October 31, 2013

GUA THANG RAYA, MISTERI ALAM DAN MISTERI IMAN



Dua Tahun terakhir ini, Umat Kristiani khususnya Umat Pemodis, Paroki Beduai, Keuskupan Sanggau berjuang dan bekerja keras untuk mewujudkan impiannya dengan membangun sebuah tempat wisata Rohani di Gua Thang Raya. Kebanyakan orang ingin memulai tetapi akhirnya mundur dengan teratur karena kesulitan dana pembangunan.  Sesungguhnya sumber dana utama adalah tenaga dan ini belum dipikirkan oleh kebanyakan orang. Tenaga gotong royong adalah modal utama masyarakat pemodis untuk membangun Gua Maria di Thang Raya yang sekarang resmi digunakan. Pro dan kotra masalah pembangunan harus diterima sebagai bagian dari kerja gotong royong. Justru di situlah letaknya kwalitas dari sebuah  pembangunan. Masing-masing orang melihat dari sudut pandangnya meskipun berbeda akhirnya  mereka menemukan sebuah sudut pandang yang lebih menyeluruh.
Tempat ini berpuluh-puluh tahun dianggap kramat kemudian disucikan menjadi tempat wisata rohani yang menyenangkan. Susunan batu-batu yang berbentuk relief pada dinding-dinding batu menyerupai fosil adalah kekaguman alam yang memerlukan sebuah penelitian yang lebih ilmiah. Legenda perkampungan orang dayak yang berubah wujud menjadi sebuah rumah batu juga merupakan legenda yang membutuhkan penelitian yang lebih serius karena bentuk gua batu menyerupai rumah panjang adalah saksi bisu yang bisa diterima oleh akal sehat manusia. Ada banyak Misteri alam di Gua Thang Raya belum tersingkap. Ini adalah tempat wisata Rohani sekaligus tempat untuk belajar sebuah sejarah dan penelitian secara ilmiah.  Banyak orang luar negeri telah mengunjungi Gua Thang Raya tetapi sampai hari ini mereka belum menemukan sebuah jawaban tentang misteri alam ini.
Gua Thang Raya menjadi sebuah misteri dan di tempat ini ditahtakan bunda Maria dengan nama “Rumah Kencana” dengan alasan bahwa gua Thang Raya berbentuk Rumah Panjang. Bunda Maria juga menjadi ibu Tuhan yang penuh dengan misteri iman. Dua hal yang berbeda disatukan yakni misteri alam dan misteri iman terlebur menjadi satu di tempat ini. Semoga anda senang mengunjungi Gua Thang Raya......

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites