Wednesday, November 28, 2012

KEUSKUPAN SANGGAU AKAN MEMILIKI KATEDRAL BARU


Sanggau  di sebut juga Kota Daranante. Daranante seorang gadis cantik dalam sebuah cerita rakyat. Kecantikannya menggemparkan banyak orang sehingga ada 7 pemuda melamar dia. Dia terkenal juga karena bijaksa memilih salah seorang dari ketujuh pemuda itu tanpa mengecewakan keenam pemuda lainnya. Ikon daranante menjadi ikon kabupaten Sanggau. Keuskupan Sanggau meliputi 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Sekadau. Pusat Keuskupan Sanggau terletak di kota Sanggau.  Di kota ini akan berdiri katedral Keuskupan Sanggau.
Nama Keuskupan Sanggau menjadi sorotan secara Nasional karena baru-baru ini menjadi tuan rumah diadakannya Indonesian Youth Day pertama. 
Keuskupan Sanggau belum lama merayakan 25 tahun. Jumlah umat katolik nomor urut 5 terbesar dari  39 Keuskupan. Statistik terakhir diperkirakan 235.000 ribu orang. 
Umat banyak maka diperlukan juga Katedral besar untuk menampung sekian umat. Gereja besar mengandaikan juga bangunan gerejanya juga besar. Gereja yang megah melambangkan juga bangunan gerejanya  megah. Bangunan sebesar ini tentunya membutuhkan biaya besar sampai puluhan bahkan ratusan miliyard.  Apakah Keuskupan Sanggau menyelesaikan bangunan ini? Bersama dengan Tuhan segala sesuatu menjadi mungkin.
Mgr. Giulio Menccucini, CP, Uskup keuskupan Sanggau mengatakan bahwa gereja adalah milik kita dan kita bangga kalo kita sendiri juga turut membangunnya. Atas kesepakatan bersama dewan imam, maka diputuskan supaya setiap umat keuskupan sanggau mengumpulkan dana sebesar Rp. 25.000., per jiwa. Jika selesai terkumpul maka diperkirakan 8 Miliyard sumbangan dari umat Sanggau. Belum terhitung para donatur dalam keuskupan yang menyumbang lebih dari Rp. 25.000,-
Pembangunan sedang berlangsung dan masih banyak diperlukan dana.
Orang Katolik mengenal solidaritas antar umat. Siapapun dan dimanapun ketika umat Katolik bergandengan tangan maka bantuan akan cepat mengalir.  Umat Katolik Keuskupan Sanggau, siapapun dan  di manapun berada jika ingin menyumbang lebih dari yang ditentukan bisa menghubungi pihak keuskupan atau menghantar langsung bantuannya ke keuskupan Sanggau Jl. Jendral Sudirman. 45  Sanggau.  Kita akan bangga bahwa  Katedral itu megah karena megah juga iman kita. 

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites