Saturday, August 20, 2011

BUNDA MARIA RUMAH KENCANA, GUA THANG RAYA


Gua  Thang Raya menjadi saksi bisu asal muasal Suku Dayak Golik di Kecamatan Beduai. Suku Dayak Golik tidak begitu besar hanya meliputi  12 Kampung (Tungguh, Sei Bungkang, Sei Mawang, Sei Dangin, Sei Mawang, Maru, Seningkan, Tokam, Muara Kayan, Muara Beduai, Pemodis, Kubing). Menurut sejarah yang dikisahkan turun temurun bahwa orang-orang Golik lari  meninggalkan Rumah Panjang yang sekarang menjadi gua batu Thang Raya. Gua Thang Raya memenag berbentuk Rumah Panjang.
Anda bisa memasuki gua batu tersebut dan menikmati suasana di dalamnya yang berbentuk Rumah panjang Suku Dayak.  Meskipun gelap tetapi masih ada sinar-sinar yang masuk ke dalam gua seperti atap rumah panjang yang bocor sehingga cahaya bisa masuk ke dalam gua. Menurut kisahnya  di dalam gua tersebut masih tertinggal seorang ibu yang sedang hamil tetapi tidak sempat lari dan berubah menjadi batu yang belum sempurna. Kepala dan lehernya masih berwujud manusia sedangkan sebagiannya sudah berbentuk batu. Setiap hari keluarganya mengantar makanan dan memberi makan. Ada keanehan bahwa berapapun banyaknya makanan selalu di makan habis. Ibu itu meminta agarkalungnya di leher diputuskan agar dia berubah wujud menjadi batu seluruhnya sehingga keluarganya tak perlu menghantar makanan lagi untuk dia. Kemudian kalung tersebut diputuskan dan diambil dari lehernya. Ibu itu akhirnya berubah wujud seluruhnya menjadi batu. Anda bisa datang ke Gua Thang Raya dan bisa menemukan wujud ibu tersebut.
Gua Thang Raya kini disakralkan dengan menempatkan Patung Maria di depan Gua yang indah seperti serambi  rumah. Kami memberi nama: BUNDA MARIA RUMAH KENCANA, GUA THANG RAYA.  Dengan menempatkan patung Maria di sana maka Bunda Maria sebagai Ibu Yesus Kristus senantiasa menyimpan semua perkara dalam hatinya sebagaimana ibu yang sedang hamil berubah wujud menjadi batu menyimpan semua rahasia pelarian suku dayak Golik. Juga dengan demikian orang Golik akan sering mengunjungi tempat sejarah itu dan berdoa juga untuk sanak  saudaranya yang tidak sempat lari dan berubah wujud menjadi batu.
Datanglah dan berdoa di Gua Thang Raya, tempat pelarian suku dayak Golik Kecamatan Beduai, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites