Tuesday, October 15, 2013

Mistik Gua Thang Raya di Kecamatan Beduai


Goa Thang Raya terletak Kecamatan Beduai, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat memiliki kekuatan mistik. Jika anda memasuki  lokasi Goa anda akan merasakan sejuknya alam  sama seperti anda berada di dalam ruangan full AC.  Goa ini menjadi warisan sejarah nenek moyang suku Golik Kecamatan Beduai. Warisan sejarah ini dipelihara sejak zaman dahulu. Sulit diprakirakan berapa generasi yag telah mewarisi sejarah ini. Mereka percaya bahwa di tempat ini orang bisa menemukan  rejeki asal anda  memintanya dengan hati yang tulus. Banyak permintaan telah dikabulkan.
Oleh karena itu, warisan adat istiadat nenek moyang suku Golik di Kristenkan dengan menempatkan Bunda Maria  di sana. Awalnya kami menghantar 2 orang tukang  (satu beragama Katolik dan yang lainnya beragama Islam) ke Goa Thang Raya untuk meninjau lokasi, apakah layak dibangun Goa Maria di sana.  Sebelum pulang kami berdoa di depan patung bunda Maria. Tukang yang beragama Islam juga ikut dalam barisan paling belakang. Selesai berdoa tukang yang beragama islam jatuh pingsan sekitar 5 menit saja kemudian bangun dan memberi kesaksian sebagai berikut. Dia berjumpa dengan seorang sosok manusia berjenggot dengan pakaian jubah putih bersih seperti jubah pastor. Orang yang berjubah itu mengatakan bahwa “saya mengucapkan terimakasih karena kalian mau datang  untuk membangun dan memelihara tempat ini”. Berkali-kali orang yang berjubah itu mengucapkan terimakasih. Pertemuan mereka seperti di pintu gerbang istana dan di dalam istana ada banyak manusia yang berpakaian  jubah yang indah. Di tempat itu dia merasakan betapa bahagianya. Demikian kesaksian seorang tukang yang beragama.

Kesaksian ini meyakinkan kami bahwa memang tempat ini layak dipelihara dengan menempatkan patung bunda maria di sana. Di samping patung bunda Maria ada sebuah kolam  yang berasal dari tirisan air di antara cela-cela batu. Air itu akan dikuduskan menjadi air suci sehingga para pengunjung bisa mengambil air ini. Selamat datang di Goa Maria Rumah Kencana,  kampung Pemodis, Kecamatan Beduai, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. 

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites